Definisi Pasar Dalam Teori Ilmu Ekonomi Modern

Murgani is the thinker

Murgani is the thinker

Menurut Keynes, pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli.

Dalam suatu diskusi bersama teman-teman di ruang kuliah, kami membahas tentang definisi ini karena ada yang akan mempresentasikan makalahnya dalam mata kuliah Manajemen Pemasaran yang materinya Pasar Persaingan Sempurna.

Jika diatas dikatakan bahwa pada pasar tersebut terdapat penjual dan pembeli yang bertemu, lalu bagaimana dengan pasar abstrak yang telah kita rasakan belakangan ini melalui internet (pemasaran on-line). Disana tidak ada penjual dan pembeli yang saling bertemu.

Dengan argumen tersebut, saya berusaha mengembangkan pengertian pasar yang terbaru karena kita tahu bahwa ilmu ekonomi itu dapat berganti-ganti setiap waktu karena sifatnya yang elastis. Ilmu ekonomi dapat dipengaruhi oleh ilmu-ilmu lainnya seperti ilmu budaya, ilmu politik, ilmu agama, dll.

Bagi saya sesuai dengan perkembangan zaman sekarang ini, “pasar itu adalah suatu sarana dimana adanya penjual dan pembeli yang berkomunikasi dan terjadi kesepakatan didalamnya”.

Lalu ada salah seorang rekan mahasiswa yang mengomentari ini. Bagaimana dengan plaza atau supermarket yang mana pembeli disana tidak melakukan komunikasi, tetapi hanya berjalan-jalan, sedangkan kita tahu bahwa plaza atau supermarket itu adalah sebuah bentuk pasar.

Saya mengeluarkan argumen lagi bahwa plaza tersebut di atas telah dialihkan fungsinya oleh “pembeli” yang dikatakan tadi menjadi tempat rekreasi, bukan sebagai pasar lagi.

Jadi, ketika seorang atau lebih pembeli berkomunikasi dengan seorang atau lebih penjual dan terjadi kesepakatan didalam komunikasi itu untuk memperjual-belikan suatu produk pada suatu sarana, maka itulah yang dinamakan pasar.

I’d say thanks to my girlfriend, Rika, I love you so much honey. She always support me when I’m fell down.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan semuanya.

Saya mengharapkan kritik dan saran jika terdapat kesalahan didalam penulisannya. Comment please…

About these ads
Explore posts in the same categories: Teori Ekonomi

4 Komentar pada “Definisi Pasar Dalam Teori Ilmu Ekonomi Modern”

  1. Rengki Berkata

    Bravo… Selamat atas pemikiran cerdasnya sobat…

  2. memey Berkata

    bgus tuch

  3. antock Berkata

    reggae gak harus gimbal…. gimbal gak slalu reggae!!!!
    reggae musiknya pecinta damai…. manteman!!!
    hidup ekonomi… manajemen…

  4. afpra Berkata

    bener tuh…..
    blajar dmno Gie…..????


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: